Cara Praktis Membuat Bacem

Peluncuran Bango Bumbu Bacem di Jakarta, Kamis (11/12).
Kalau Pengamat Kuliner, Odilia Winneke sudah menjelaskan cara tradisional membuat bacem, maka Sisca Soewitomo menjelaskan cara praktisnya di sela acara peluncuran Bango Bumbu Bacem di Jakarta, Kamis (11/12).

Menurut Sisca, dulu bacem dibuat secara orisinal dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten dan gula merah. Yang membuat lama adalah  ketumbar dan jinten yang harus disanggrai terlebih dahulu. Kemudian diulek. Resep Tempe Bacem

"Untuk menguleknya pun tekniknya harus benar. Kalau tidak benar air mata bercucuran karena ada bawang merahnya," ujar Sisca.

Kalau sekarang, lanjutnya, lebih enak lagi, karena sudah ada blender, bahkan ada blender khusus untuk bijia-bijian. Setelah disangrai tinggal diblender sampai halus.

Cukup blender bawang merah, bawang putih, lalu campurkan bumbu. Selain bumbu, sediakan pula tempe atau tahu atau ayam.

Untuk cara membuat, zaman dulu memakan waktu lama karena bacem dimasak dengan api kecil yang lambat. Apalagi zaman dulu masih pakai kayu untuk memasaknya.

Dengan bumbu bacem instan, memasak bacem pun bisa lebih mudah. Cara membuatnya juga praktis.

Campurkan bahan untuk dibacem misalnya tahu, tempe, atau ayam dengan bumbu praktis Bango Bumbu Bacem. Masukkan pula air sampai semua bahan terendam. Cicipi dahulu apakah rasanya sudah pas.

Kalau kurang air tambahkan air sampai semua bahan terendam. Ungkep sampai tahu, tempe atau ayam berubah warna lebih gelap, atau sampai air susut. Setelah itu matikan kompor.

Tahu, tempe atau ayam yang sudah dibacem bisa disimpan di dalam wadah tertutup dan diletakkan dikulkas. Atau jika Anda menginginkan tahu, tempe atau ayam yang sudah diberi bumbu bisa langsung digoreng atau bisa juga dipanggang.

Sajikan bersama lalapan daun salada, tomat, dan timun. Lalu tambahkan cabai rawit. Bisa pula beri sambel kecap yang dengan irisan cabe merah, bawang merah juga bawang goreng.

Resep Praktis Ayam Koloke Asam Manis Tanggal Tua


Berbicara mengenai masakan ayam, tentunya kita semua tahu bahwa ada banyak masakan yang bisa dibuat dari daging ayam. Masakan tersebut bisa berupa masakan kuah santan, kuah bening, goreng, tumis, panggang, bakar hingga oven. Masakan yang terbuat dari daging ayam juga bisa dibuat dengan rasa yang manis, gurih, pedas atau asam sekaligus.

Kalau ngomongin soal masakan dari daging ayam, kali ini Vemale punya satu resep praktis mengolah daging ayam. Tak hanya praktis, resep ini juga sangat mudah dalam membuatnya, murah biayanya dan pastinya menggugah selera rasanya. Resep tersebut adalah ayam koloke asam manis. Banyak yang bilang, resep ini sangat cocok disajikan di tanggal tua yang tetap makan enak dan lezat. Penasaran seperti apa resepnya? Berikut resepnya.

Bahan
  • 200 gram daging ayam (tanpa tulang, potong dadu)
  • Garam (secukupnya) 
  • 100 gram tepung terigu 
  • 1 butir telur 
  • 2 sdm tepung beras 
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya) 
  • Air (secukupnya) 
  • Minyak goreng (secukupnya)


Saus/Bumbu

  • 1 buah tomat (potong kecil-kecil)
  • 3 buah cabai merah besar (buang isi, iris serong) 
  • 50 gram kacang polong 
  • 2 siung bawang putih (memarkan, cincang halus) 
  • 1/2 bawang bombay (iris tipis) 
  • 1 buah wortel (iris panjang korek api) 
  • Saus tomat (secukupnya) 
  • Garam (secukupnya) 
  • 1/2 sdm air jeruk nipis


Cara Membuat

  1. Campur tepung terigu, tepung beras, telur, ayam, kaldu ayam bubuk, sedikit air dan garam. Aduk rata dan pastikan bahwa potongan daging ayam tertutup rata oleh tepung. Goreng hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. Sisihkan sebentar lalu buat saus.
  2. Siapkan panci yang telah diisi oleh air lalu panaskan. Masukkan cabai merah, bawang putih cincang, bawang bombay, wortel, kacang polong dan sedikit garam lalu rebus sampai semua bahan matang dan empuk. 
  3. Tambahkan buah tomat yang telah dipotong kecil, air jeruk nipis dan saus tomat secukupnya. 
  4. Masak hingga saus mengental dan mendidih. Jika sudah matang, siramkan saus ini ke ayam yang telah digoreng. 
  5. Ayam koloke sudah siap untuk dihidangkan.


Ladies, itulah resep membuat ayam koloke yang enak dan menggugah selera di tanggal tua. Gimana, resep yang sangat mudah bukan? Catatan: Jika kamu ingin membuat resep ini dengan biaya yang lebih murah, kamu bisa saja menghilangkan daftar bahan seperti tepung beras dan kaldu ayam bubuk. Kamu juga bisa menghilangkan kacang polong, wortel dan bawang bombay dari daftar bahan saus. Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga suka ya?

Tips Masak Makanan Lezat dan Gurih Tanpa Menggunakan MSG

Setiap orang pasti sangat suka dengan masakan yang lezat dan juga gurih. Banyak yang memilih untuk menggunakan penyedap rasa atau MSG untuk mendapatkan rasa gurih tersebut. Sayangnya terlalu banyak MSG berakibat kurang baik pada kesehatan tubuh dan juga otak. Bagi Ladies yang ingin memasak enak dan gurih tanpa harus menggunakan MSG wajib membaca ulasan yang satu ini. Kamu bisa mencoba beberapa bahan mudah ini untuk menambah rasa pada masakanmu.

  • Ini resep yang paling sering digunakan Ladies. Taburkan sedikit gula pasir pada setiap masakanmu. Setelah memberikan garam masukkan gula pasir dengan perbandingan setengah dari jumlah garam. Ini akan mengeluarkan rasa masakan agar lebih gurih.
  • Kamu bisa mencoba menggunakan bawang putih. Cincang bawang putih dan tumis sampai wangi. Setelah itu masukkan dalam masakan. Atau kamu juga bisa menggorengnya dan taburkan bawang putih dalam masakanmu.
  • Saat memasak sup, tumis, pepes, dan semur, kamu bisa mencoba menambahkan jamur Ladies. Jamur dikenal memiliki kandungan penyedap alami di dalamnya. Ini akan membantu masakanmu terasa lebih lezat walaupun tanpa penyedap rasa.
  • Selanjutnya kamu bisa mencoba menambahkan kaldu daging pada setiap masakanmu Ladies. Ini berlaku untuk masakan berkuah atau tumisan.
  • Udang segar juga bisa kamu gunakan untuk membuat masakan terasa lebih sedap meskipun tanpa MSG.


Itu tadi beberapa tips mudah yang bisa kamu coba untuk membuat masakanmu lebih lezat dan gurih tanpa penyedap rasa. Ayo masak sehat sedari dini untuk hidup yang juga sehat Ladies.