Sate Kerang Medan

Warung sate kerang di Jalan PWS, Medan, selalu ramai didatangi pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Foto: Budi Sawarna

Kidnesia.com  - Sekilas, tak terlihat kalau makanan ini adalah sate kerang ! Bentuk kerangnya sudah terbungkus rapi oleh bumbu yang mirip rendang.Ini bisa kalian jumpai di Medan , Sumatera Utara.

Tapi, begitu digigit, baru akan terasa bedanya, lebih kenyal dan sama sekali tidak bau amis, ataupun berpasir seperti layaknya kerang yang dimasak.

Sate kerang bermerek Rahmat Efendi ini ada di Jalan PWS. Di jalan ini kamu bisa menemukan lebih banyak lagi penjual sate kerang. Enggak heran, kalau gang itu pun dijuluki sebagai Gang Kerang. Resep Sate Kerang

Sate kerang bisa disebut juga sebagai sate berbumbu rendang. Bumbu yang digunakan pun menggunakan santan kelapa, mirip, dengan bumbu rendang.

Yang membuat istimewa, sate kerang ini tidak berbau amis dan berasa pasir. Nah, soal pembuatannya, Pak Rahmat yang menjalankan usaha sate kerang sejak tahun 1957, membocorkan rahasianya.

Sate kerang

Sate kerang berbumbu rendang, yummy! Foto: Budi Suwarna

Pertama, Pak Rahmat mengambil kerang khusus dari Tanjung Balai, Medan. Menurut Pak Rahmat, kerang di daerah itu puya tekstur rasa yang lebih baik.

Kerang yang sudah diambil kemudian disikat bagian luarnya sampai benar-benar bersih.

Setelah itu, kerang dimasukkan bersama cangkangnya ke dalam wajan tanpa diisi air. Proses ini terus berlangsung sampai kerang matang.

Setelah matang, daging kerang dikeluarkan dan dicuci berkali-kali untuk menghilangkan pasir. Daging kemudian dimasak dengan bumbu antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabai kering tumbuk, kemiri, kelapa sangrai, dan asam jawa.

Proses terakhir, masakan yang telah matang ini dirangkai dalam tusuk sate. "Jadi, meski namanya sate, dagingnya tidak dibakar sama sekali," kata Pak Rahmat yang dikutip dari Kompas.com .

Nah, sate kerang pun siap disantap! Mmm, lezaaat! Jadi kepingin mencoba sate kerang Medan !

0 Response to "Sate Kerang Medan"

Poskan Komentar